Selasa, 25 Desember 2012

Kenali Sejarah Musik, yuk!


Musik awalnya dikenal sejak kehadiran manusia modern Homo Sapiens sekitar 100.000 - 180.000 tahun yang lalu. Dari penemuan arkeologi sekitar 100.000 tahun dahulu, menunjukkan adanya perubahan evolusi dari pemikiran otak manusia. Dengan kemampuan otak manusia yang lebih pintar dari hewan, manusia bisa berfikir, berimajinasi, dan menciptakan bahasa untuk alat komunikasi mereka.
Musik adalah kumpulan dari suara yang disusun sehingga mengandung irama dan lagu, terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang bisa mengeluarkan bunyi.

Dahulu, mereka menciptakan musik dari tulang kaki hewan buruan mereka yang kemudian bisa ditiup dan menimbulkan bunyi-bunyian. Ada juga yang terinspirasi menggunakan kayu dan bamboo, kemudian dibentuk lubang tiup sehingga menjadi suling purba. Mereka menyatakan perasaan takut, gembira, marah, dan juga bermain-main dengan menggunakan suara hingga bisa menjadi lagu atau nyanyian kecil yang terinspirasi dari kicauan burung.

Seruling merupakan alat musik yang paling sering ditemukan saat jaman prasejarah. Pengumpulan terbesar alat musik prasejarah ditemukan di Cina antara 7000 - 6600 SM. Perubahan sejarah musik terbesar terjadi pada abad pertengahan disebabkan terjadinya perubahan keadaan dunia yang yang makin meningkat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar